Puas-puasin Masa Mudamu

Sebagai salah satu generasi millennials akhir (lahir tahun 90-an), saya cukup sering mendapatkan nasehat dari kalangan generasi X ataupun sedikit dari generasi millennials yang agak senior. Salah satu wejangan yang sering saya dapatkan adalah tentang menggunakan masa muda sebaik mungkin. Rasanya generasi saya sungguh beruntung karena punya senior-senior yang cukup peduli.

Nah, biasanya orang-orang ini akan terbagi menjadi 2 kubu besar. Kubu yang satu adalah kubu yang sangat menjunjung tinggi semangat hura-hura. Mereka menyarankan saya untuk selalu bahagia. Habiskan saja uang untuk berpesta, jalan-jalan ke luar negeri, dan lain-lain. Semua petuah sifatnya bersenang-senang seolah masa tua akan penuh perjuangan dan penderitaan.

Kubu yang kedua saya sebut sebagai kubu bersakit-sakit dahulu.  Kubu ini biasanya jumlahnya jauh lebih minoritas dibandingkan kubu hura-hura. Kelompok ini berbanding 180o dibandingkan kubu hura-hura. Kubu ini adalah kubu yang rela bekerja 6 hari dalam seminggu, menabung uang dalam presentase yang cukup besar dibandingkan penghasilan mereka. Mereka adalah kaum yang merencanakan masa depan mereka sedetail merencenakan pembuatan roket. Terdengar sangat positif, namun saya sering menemukan mereka menjadi orang-orang yang kaku. Jarang mereka mempunyai pengetahuan yang menarik karena kehidupan mereka hanya melulu soal kerjaan, biasanya kaku soal asmara jadi sangat rentan galau ketika bertemu “the one” dan tidak pernah mencoba hal-hal nakal hehehe.

saya sengaja untuk menggambarkan opini secara extreme untuk kebutuhan artikel

Saya rasa kita semua setuju bahwa masa muda adalah masa yang penuh gairah, banyak energi dan minim tanggungan. Sudah sewajarnya kita menghabiskan masa muda untuk melakukan hal-hal yang akan sulit dilakukan saat masuk di usia mature.

DAN HAL ITU BUKANLAH PARTY ATAU MEMAKSAKAN DIRI HARUS BISA KE EROPA!

Hal ini menjadi concern saya karena banyak sekali yang mengira bahwa mumpung masih muda harus sering party, mabok, bandel, bolos dan travelling ke tempat yang jauh. HELL NO!

Kamu mau masuk club usia 33 tahun pun nggak ada yang ngelarang. Daratan skandinavia dan eropa barat ga bakal hilang pas kamu umur 45 tahun.

Hal yang anda harusnya lakukan ketika belum tua adalah MEMBANGUN FONDASI KEMAMPUAN DAN PENGETAHUAN ANDA. Plan mau serinci apapun juga kalau fondasinya lembek pasti acak adul. Mumpung masih muda dan banyak waktu, ya benerin fondasinya ^^. Fokuslah untuk membangun hal-hal ini:

-LEARNING. Saya percaya bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar, namun momen terbaik untuk belajar justru ada pada usia muda yang otaknya masih cepat dalam menangkap pola baru dan masih bisa fokus kosentrasi. Silahkan belajar instrumen musik baru, belajar bahasa baru, dan belajar untuk menguasai minimal satu bidang yang bisa dikuasai secara professional yang bisa mendatangkan uang. Bikin bisnis dan project-project profit-oriented. BELAJARLAH HAL-HAL YANG BUTUH PROSES PANJANG DAN BERESIKO UNTUK MENGUASAINYA.

-SHAPE YOUR BODY. Hampir sama kayak belajar. Badan jauh lebih mudah dibentuk ketika masih muda. Silahkan pergi ke gym, latihan beladiri, dan berolahraga berat. LATIH OTOT BADANMU.

-SOCIALIZE. Bukan menjadi orang yang gaul, tetapi “mudah bergaul”. Ajak ngobrol siapa aja. Nongkrong sama golongan mana aja. Jangan lupa jatuh cinta, patah hati, selingkuh, pacaran beda agama. Try everything yang penting jangan hamil hahaha. LATIH OTOT SOSIALMU.

Tidak ada hal yang salah dengan party ataupun travelling, namun bila itu adalah satu-satunya hal yang anda lakukan, jangan datangi kami ketika depresi 10 tahun lagi 😀

Sedang membangun fondasi

(Vilranendra)

Advertisements

One thought on “Puas-puasin Masa Mudamu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s