Jangan Buka Artikel Ini Kalau Kamu Ingin Jago Menulis!

Kenapa kamu masih membuka artikel ini? Bukankah sudah ada peringatannya?

Baiklah baiklah, saya tentu hanya bercanda saja ketika menulis judul di atas. Kamu tidak akan tertimpa hal yang buruk bila membaca tulisan ini, barangkali nanti kamu hanya mengidap biang keringat selama setahun penuh. Itu saja kok.

Bagi sebagian orang, menulis adalah suatu kegiatan yang sangat menarik karena itu salah satu cara untuk menumpahkan seluruh ide yang ada di dalam kepala. Namun, tidak semua orang mampu menumpahkan seluruh idenya melalui tulisan; beberapa lagi lebih memilih untuk mencoret-coret kertas dengan gambar yang tidak jelas karena menurutnya jauh lebih mudah membuat gambar ketimbang menulis.

Jadi, jangan pernah meledek orang yang sedang menggambar atau menulis tidak jelas di atas kertas. Bisa jadi dia sedang berada di tahap zen atau dia memang bengong gak tahu mau ngapain.

Apa pun yang tertera di atas kertas adalah hasil dari buah pikiran manusia, tidak peduli apakah itu berbentuk tulisan atau gambar. Seorang seniman besar macam Leonardo Da Vinci saja terkenal karena sering menulis karena pikirannya selalu dipenuhi oleh gagasan-gagasan tentang teknologi baru. Bila tulisan tidak mampu menampung apa yang dipikirkannya, maka beliau akan menggambar desain teknologi yang dia pikirkan. Kalau kamu ingin tahu desain teknologi yang dia ciptakan, ya silakan googling sendiri dong. Jangan manja.

Kesimpulannya: menulis dan menggambar merupakan semacam terapi bagi orang yang memiliki jutaan ide di kepala. Rasanya sangat menyenangkan ketika apa yang ada di dalam pikiran tahu-tahu sudah terbentuk secara dua dimensi di atas kertas. Selain itu, menulis dan menggambar bisa menjadi pengingat bagi orang yang sering kelupaan atau menunda-nunda pekerjaan.

Namun, saya ingin membahas tentang bagaimana cara menulis yang menarik. Kenapa saya ingin membahas itu? Ya suka-suka saya dong.

Meski saya belum menerbitkan buku sama sekali, yakinlah bahwa saya lebih jago menulis daripada kamu. Bukannya saya sombong, tapi kamu membuka artikel ini tentu karena kamu ingin meningkatkan kemampuan menulis kamu bukan?

Begitu saya lahir, saya tidak serta merta langsung jago menulis. Saya mulai belajar menulis cerita-cerita pendek ketika saya baru berani menulis tangan dengan menggunakan pulpen. Mungkin dikarenakan waktu itu masih banyak majalah anak-anak yang menyajikan cerita pendek sehingga saya jadi ikut-ikutan ingin menulis cerita pendek. Ditambah lagi saya sangat suka membaca; sebuah kegemaran yang sangat saya cintai setelah video game. Orang yang suka membaca pasti memiliki hasrat yang besar untuk menulis, cuma sayangnya hasrat menulis sering terpendam oleh kesibukan lain yang (sok) dirasa penting.

Oke, langsung saja pada intinya. Bagaimana sih cara meningkatkan kemampuan menulis?

  1. Menulis setiap hari

Tepat sekali. Menulis setiap hari adalah satu-satunya cara paling mujarab dalam meningkatkan kemampuan menulis kamu. Seseorang yang menulis setiap hari tentu akan lebih mahir menulis bila dibandingkan dengan orang yang menulis hanya sebulan sekali. Kalau kamu benar-benar ingin mahir menulis seperti _____ (sebut penulis panutan kamu), maka mulai hari ini kamu harus menulis.

Bagusnya lagi, kamu tidak perlu memiliki komputer dengan spesifikasi canggih untuk menampung ide-ide kamu. Cukup gunakan selembar kertas bekas dan pulpen, tulis-tulis sebentar, lalu huuuupla! ide pikiran kamu pun sudah terpapar di atas kertas.

FYI, saya baru memiliki laptop sekitar satu setengah tahun yang lalu dan laptop yang saya gunakan menulis artikel ini tergolong laptop bekas yang harus selalu dicolok charger karena baterainya sudah rusak. Sebelum saya menggunakan laptop ini, saya biasanya mengerjakan artikel untuk klien dengan menulisnya di atas kertas kosong terlebih dahulu sebelum mengetik ulang di komputer warnet. Walau dulu keadaan serba terbatas, tetapi saya terus melatih kemampuan menulis saya dengan menuliskannya di atas kertas setiap hari.

  1. Menulis apa pun ide yang ada di kepala

Ide apa yang ada di kepala kamu sekarang ini? Kamu berpikir tentang alien yang mau menguasai dunia? Monster bawah laut yang ingin bangkit ke permukaan? Sekte sesat yang berencana pergi ke planet Mars karena menganggap Bumi sudah tidak aman lagi? Jurnal ilmiah tentang obat yang mampu membuat manusia menjadi abadi? Atau kamu ingin menulis cerita panas tentang kisah cinta antara supir angkot dengan anak pejabat dari negara lain?

Apa pun yang ingin kamu tulis maka tulislah!

Siapa yang melarang kamu menulis? Ini sudah bukan zaman Soeharto yang mana kamu bakalan langsung diboyong ke penjara bila kamu menulis tentang kejelekan pemerintah. Bebaskan diri kamu dan tulis apa saja yang ingin kamu tulis. Kamu tidak perlu menarik orang lain untuk membaca tulisan kamu, tetapi cukup kamu saja yang membaca tulisan tersebut. Menulis karena kamu memang ingin menulis dan bukan untuk menarik perhatian orang lain.

  1. Menulis cukup satu paragraf dalam sehari

Banyak yang enggan menulis karena tidak memiliki waktu. Padahal tidak ada yang menuntut harus menulis satu halaman dalam sehari; menulis satu paragraf dalam sehari saja sudah lebih dari cukup.

Mulai dengan kata-kata yang sederhana seperti “Pada suatu hari …” atau “Waktu itu senja mulai menggelap.” Ingat, Jangan takut menulis sebuah permulaan paragraf! Kalau kamu bimbang dengan awal paragraf, maka buka Google dan di situ banyak contoh-contoh tentang bagaimana membuat sebuah awal paragraf yang bagus. Tiru saja contoh-contoh tersebut dan sisanya kamu sendiri yang kembangkan sesuai dengan apa yang hendak kamu tuliskan.

 

Saya pribadi belajar menulis secara otodidak tanpa pernah ikut pelatihan menulis sama sekali. Namun, itu tidak menjadi batu hambatan dalam pekerjaan saya menjadi kuli tinta. Anehnya, banyak orang-orang yang menganggap bahwa menulis adalah sesuatu yang sulit padahal menulis adalah tempat dimana manusia seharusnya bersikap jujur dengan isi pikirannya. Kalau kamu menulis tidak berdasarkan apa yang kamu ingin tuliskan, maka percayalah—tulisan kamu pasti jelek. Tulis apa yang ingin kamu tuliskan, maka tulisan kamu pasti menjadi sebuah masterpiece … setidaknya bagi diri kamu sendiri.

 

Vladd Voltaire

 

Leave a Reply

