Tentang Papadah

Papadah berasal dari bahasa banjar yang nyaris punah memiliki arti “memberi tahu”. Menyajikan perspektif berbeda terhadap suatu konteks adalah fokus kami. Tujuan utama kami bukan untuk mengupas kebenaran atau menyajikan fakta, tetapi lebih untuk merangsang pembaca agar merekonstruksi pemikiran yang terlanjur nyaman.

Kontributor PAPADAH merupakan sekumpulan manusia yang doyan melakukan riset sosial di area sub urban Kota Samarinda, Kota Tenggarong dan Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Sudah terlalu biasa kami selalu berpikir “ada yang salah dengan konsep berpikir masyarakat kita”. Yap, kami adalah sekumpulan “montir sosial” yang tugasnya bukan mengubah perangai masyarakat, tetapi menggelitik tatacara berpikir yang sudah mapan. Kami sadar, Superman-pun tidak bisa mengubah kondisi sosial masyarakat.

Obyek penelitian yang diangkat Papadah adalah fenomena sehari-hari seperti anak jalanan, ibu rumah tangga yang bosan dengan rutinitas, janda-janda yang lelah berharap, karyawan proletar yang terlalu banyak list belanja, ABG korban komedi situasi televisi, motivator jalanan, kritikus kuliner kambuhan,  Om-om senang yang kehilangan motivasi, Anak muda pemberontak tak tahu arah, serta hal-hal  lain yang membuat kebanyakan orang akan gagal paham.

Obyek yang biasa sebenarnya, sudah banyak yang melakukan riset ke arah sana, namun yang kami janjikan adalah perspektif yang berbeda. Kami mengambil sudut pandang berbeda, tanpa harus mengabaikan aturan dasar berlogika dan metode penelitian sosial.

Tentunya tujuan kami tidak memberi jawaban atas kesulitan-kesulitan hidup yang anda alami sehari-hari. Sebaiknya anda berkonsultasi ke dukun saja mengenai hal tersebut.

Kami hanya ingin menggelitik cara otak primitif anda berpikir !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s